Suggestions Mengembalikan Nafsu Makan Saat Hamil

Written by Lina on December 23, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Selama hamil ibu tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa. Untuk menjaga kebugaran tubuh ibu disarankan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di pagi hari, berenang dan senam hamil. Olahraga dapat mengurangi resiko bayi besar dan membuat janin lebih mudah masuk ke pinggul. Jika merasa lapar, ibu diperbolehkan makan cemilan asalkan sehat dan porsinya tidak berlebihan. Cemilan yang paling perfect ialah yang banyak mengandung protein karena mengenyangkan lebih lama dan baik untuk perkembangan janin. Selain protein, buah-buahan juga bisa dijadikan pilihan menu cemilan.

Dikutip dari What to Expect, berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil yang kelebihan berat badan. Konsumsilah juga makanan tinggi vitamin A serta folat seperti wortel, bayam dan labu per harinya. Tapi ingat, jumlah tersebut bisa berbeda-beda tergantung berat badan sebelum Anda hamil. Cara food plan ini cukup efektif untuk mencegah berat badan berlebih. Mengonsumsi makanan yang terlalu pedas saat hamil dikhawatirkan akan memicu kontraksi.

Karbohidrat merupakan salah satu gizi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Makanan berkarbohidrat tinggi berguna untuk mengisi keperluan kalori ibu hamil dan sang bayi dalam kandungan. Karbohidrat dalam kadar tinggi dapat ditemui di dalam nasi, jagung, kentang, sereal, dan roti.

Kurangi beberapa makanan yang mengandung kafein seperti teh,coklat,kopi dan soda menjelang tidur. Kafein akan meningkatkan detak jantung yang tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin. Nutrisi dalam buah memang sangat beragam, seperti vitamin C, beta-karoten, asam folat, kalium, dan serat. Nutrisi-nutrisi tersebut berperan penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Menjalankan pola makan yang sehat untuk ibu hamil penting untuk menjaga kesehatan Ibu dan bayi di dalam kandungan. Memenuhi nutrisi kehamilan di setiap trimester penting dilakukan agar tetap sehat dan tumbuh kembang janin berjalan optimum.

Cara mengatur pola makan ibu hamil

Jadi, Bunda tak perlu khawatir bosan untuk menikmati makanan sehat ini. Salmon kaya asam lemak omega three yang baik bagi pertumbuhan otak dan mata janin. Tapi, konsumsi salmon sebaiknya dibatasi paling banyak sekali dalam seminggu. Hal ini untuk menghindari kandungan merkuri yang biasa terdapat pada ikan laut. Camilan yang terbuat dari olahan susu ini juga sehat untuk dikonsumsi ibu hamil.

Ibu hamil harus mengonsumsi setidaknya 27 miligram zat besi setiap harinya. Porsi makan ibu hamil yang tepat perlu diketahui demi kesehatan ibu dan bayinya. Hal ini perlu untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada berat badan ibu dan bayinya.

Nah untuk itu, Bunda harus meningkatkan asupan kalori 300 sampai 500 kalori per hari. Selain kalori, dibutuhkan protein untuk membuat Bunda kenyang dan membantu bayi menambah berat dengan tepat. Selama hamil, Moms tidak perlu berhenti memakan segala menu favorit seperti gorengan, keripik, atau pudding yang manis. Seorang wanita hamil dapat saja memasukkan makanan jenis ini dalam menu dietnya.

Akan tetapi, Moms harus ingat bahwa makanan semacam ini harus dikonsumsi secukupnya saja dan tidak terlalu sering. Jika gejala kehamilan seperti mual, muntah, atau heartburn menyebabkan nafsu makan hilang, Moms dapat melakukan modifikasi pada jadwal makan. Moms bisa mencoba membuat jadwal makan menjadi 5 atau 6 kali per hari dengan porsi kecil. Jika kamu sudah terbiasa dengan jendela makan pertama, tentunya tidak akan berat pada jendela makan kedua ini. Karena tubuh sudah terbiasa, sehingga memudahkan dalam pelaksanaan jendela makan kedua ini. “Selain itu, kelompok usia yang rentan memiliki daya tahan tubuh rendah, terutama lanjut usia.

Comments are closed.