Ini Thirteen Jenis Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Written by Lina on December 28, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Protein diperlukan ibu hamil untuk membantu pertumbuhan janin dan meningkatkan kesehatan Anda selama masa kehamilan. Kolin penting dalam mendukung perkembangan otak, membantu mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang. Sementara vitamin D memainkan peran penting dalam membangun tulang dan gigi yang kuat, serta menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Susu atau produk olahannya kaya beragam nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Di dalam susu terdapat protein, vitamin D, iodium asam folat, hingga kalsium.

Buah lain yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama hamil adalah mangga. Kalium dalam buah mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan mempertahankan cairan dalam tubuh. Pisang mengandung vitamin B6 yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama karena vitamin ini dapat mengurangi rasa mual. Selain itu, pisang juga kaya kalium yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit selama kehamilan.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Ibu hamil memang diharuskan menjaga setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Apabila asupan makanan tidak diperhatikan dengan baik, tentu bisa mengancam kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya. Karbohidrat merupakan salah satu gizi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Makanan berkarbohidrat tinggi berguna untuk mengisi keperluan kalori ibu hamil dan sang bayi dalam kandungan. Karbohidrat dalam kadar tinggi dapat ditemui di dalam nasi, jagung, kentang, sereal, dan roti.

Kalium dalam alpukat dapat mengurangi kram pada otot kaki yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini karena jenis sayuran tersebut mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk perkembangan bayi serta kesehatan Ibu. Dalam sayuran hijau tua, terdapat vitamin A, C, E, K, kalsium, zat besi, kalium, serta asam folat. Jenis sayuran hijau yang dapat ditemukan dengan mudah ini memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin A, C, K, zat besi dan asam folat. Mengkonsumsi bayam ketika hamil muda akan membantu Mamy mengurangi rasa lelah dan menyegarkan badan. Air, jus, kopi,teh, dan minuman ringan dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Minum air putih yang cukup juga dapat membantu mencegah ibu hamil terkena sembelit dan infeksi saluran kemih. Makanan bergizi untuk ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhaan janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui pilihan makanan bergizi yang bisa dikonsumsi agar janin yang dikandung tetap sehat. Dr. Putri juga menyarankan ibu hamil dan menyusui untuk melakukan kegiatan olahraga ringan selama 30 hingga 45 menit pada waktu menjelang buka puasa atau setelah berbuka. Tentunya manfaat berolahraga berguna untuk tubug tetap bugar dan sehat. Selain itu selama ramadan pastikan juga kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik, jangan sampai ibu hamil dan menyusui terdehidrasi.

Comments are closed.