Ingin Meningkatkan Produksi Asi? Berikut Thirteen Cara Agar Asi Makin Banyak

Written by Lina on December 31, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Bagi Anda yang masih saja memproduksi ASI dalam jumlah yang sedikit, Anda bisa mencoba untuk meminum suplemen penambah ASI. Namun tentu saja dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan, suplemen mana yang cocok untuk dikonsumsi. Cara memperbanyak produksi ASI selanjutnya adalah dengan memompa payudara. Hal ini berguna agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI.

arena hormon prolaktin bekerja dalam menstimulasi produksi ASI jika terus menyusui. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan akan mengonsumsinya atau tidak. Di samping itu, Anda juga bisa mencoba berbagai tips di atas agar produksi ASI berlimpah. Teruslah bersemangat untuk menyusui bayi, karena ASI adalah makanan terbaik bagi 6 bulan pertama kehidupan buah hati Anda.

Sayur dan buah merupakan makanan tinggi serat, dan banyak mengandung vitamin dan mineral. Sangat baik untuk menjaga kualitas ASI, juga menjaga daya tahan tubuh ibu menyusui senantiasa prima. Minum Air hangat ternyata dapat membantu merangsang ASI dan menghasilkan lebih banyak.

Tips agar ASI melimpah

Bila tertukar, khawatirnya waktu tidur si kecil jadi kacau. Bila hormon prolaktin bertugas memproduksi ASI, hormon oksitosinlah yang berperan untuk mengeluarkannya. Jadi, bisa saja produksi ASI Bunda sudah banyak, tapi tidak keluar dengan optimum karena kadar hormon oksitosin yang rendah. Saat melahirkan, plasenta keluar dari tubuh Bunda, otomatis hormon estrogen dan progesteron yang tadinya tinggi mendadak menurun drastis.

Nah, bahan-bahan ini dikenal dengan istilah lactagogue, atau bahan yang dipercaya dapat membantu merangsang dan meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Tapi ingat, pastikan tidak ada obat-obatan atau zat aktif tertentu yang dicampurkan ke dalam jamu. Akan lebih baik bila jamu yang ingin Anda konsumsi diracik sendiri di rumah. Sehingga, keamanan, kandungan, dan kebersihannya lebih terjaga.

Dot, botol atau bahkan makanan padat harus dihindari sebisa mungkin karena akan cenderung mengurangi rasa lapar, yang membuat bayi cenderung malas untuk menyusu. Cobalah untuk memberikan bayi waktu menyusu sebanyak yang dia butuhkan, ketika bayi sudah cukup kenyang maka secara otomatis dia akan berhenti menyusu dengan sendirinya. Dan jangan lupa untuk memberikan ASI dari payudara sebelahnya secara bergantian. Selain itu, pilihlah ukuran pompa yang sesuai dengan payudara Moms.

Salah satu cara yang sering dilakukan ibu adalah dengan mengonsumsi makanan yang membantu agar ASI banyak. Agar jumlah ASI banyak dan kental, minumlah 8 gelas air putih setiap hari. Jangan biarkan kamu kekurangan cairan tubuh karena dapat menyebabkan produksi ASI menurun.

Akibatnya, bayi nggak bisa mendapatkan ASI dari payudara, lalu produksi ASI akan menurun. Tapi saat perlekatan antara bayi dengan bayudara terjadi dengan baik maka akan merangsang tubuh kamu untuk mengeluarkan ASI lebih banyak. Bahkan kalau kamu punya anak yang lebih besar dan masih dalam fase menyusui, bukan berarti kamu harus menghentikan kegiatan menyusui untuk si sulung. Justru dengan menyusui maka pasokan ASI akan meningkat dan bisa kamu gunakan sebagai cara memperbanyak ASI secara alami. Di beberapa minggu pertama setelah bayi lahir, kamu harus menyusui setiap dua sampai tiga jamn. Kalau bayi tidur lebih dari three.5 jam dari waktu menyusui terakhir, maka mau nggak mau kamu harus membangunkannya untuk menyusui.

Comments are closed.