Cara Memijat Payudara Agar Produksi Asi Lebih Lancar

Written by Lina on December 29, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Lakukan proses memompa ASI dengan cara yang tepat sampai jumlah ASI yang diperoleh telah cukup atau payudara sudah kosong. Memompa ASI dapat dilakukan dengan 2 cara, menggunakan tangan sendiri maupun alat pompa elektrik yang disebut dengan breast pump. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan alat pemerah ASI yang lebih mudah, cukup dengan meletakan alat hisapnya di payudara Anda. Cara merangsang payudara memang dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi seiring hal ini juga sering terjadi secara tidak terduga.

Berikut tindakan yang harus dilakukan ibu seperti dijelaskan dalam buku Gizi Ibu dan Bayi. Pompa ASI manual digerakkan oleh tangan, memiliki ukuran lebih kecil, dan lebih murah harganya jika dibandingkan pompa elektrik. Namun, dalam pengoperasiannya diperlukan tenaga yang banyak serta waktu yang lama untuk menarik ASI keluar.

Pola menyusui yang bayi atur akan sangat spesifik sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan emosinya hingga kebutuhan fisiologisnya. Dan pola menyusui terebut akan terus berubah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Suasana Menyenangkan untuk menciptakan hubungan psikologis.

Tips agar ASI melimpah

Agar proses menyapih berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu Mums hindari. Agar, perjalanan indah ini tidak menggoreskan kesan buruk untuk Mums dan si Kecil. Cobalah untuk lebih sering menyusui dan biarkan si Kecil memutuskan sendiri kapan harus berhenti menyusui. Saat si Kecil menyusu, Mums akan melepaskan hormon untuk memproduksi ASI. Selain itu, stres, kecemasan, bahkan rasa malu dapat memengaruhi persediaan ASI lho, Mums. Jangan lupa untuk memantau kondisi kesehatanmu secara rutin ya, Gengs!

Pasalnya, ASI yang disimpan dalam suhu ruang juga bisa bertahan selama beberapa jam. Wortel mengandung enzim phytoestrogens yang mampu meningkatkan produksi dan kualitas ASI. Agar terhindar dari stres, Bunda harus menerapkan gaya hidup sehat. Dari mulai tidur cukup, bersikap tenang, serta tidak melakukan kegiatan yang memicu stres.

Comments are closed.