Bener Gak Sih Asi Yang Berkualitas Itu Asi Yang Kental?

Written by Lina on December 14, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Yang umum digunakan adalah pepaya, daun katuk, havermouth, wortel, bayam adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk ibu menyusui. Sebisa mungkin hindari penggunaan supplemen atau obat-obatan sebagai cara memperbanyak ASI. Jadi, bila kita rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai bayi kenyang, payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas

Makan banyak protein berkualitas baik diperlukan untuk produksi susu yang sehat dan akan memastikan bayi Anda mendapatkan semua asam amino esensial untuk pertumbuhan psychological dan fisik. Ibu juga membutuhkan protein yang cukup untuk diri mereka sendiri karena tubuh mereka membutuhkannya untuk menyembuhkan dan merevitalisasi setelah melahirkan. Nah, hal terbaik yang dapat ibu lakukan untuk bayi adalah menyusui dan berikut di bawah ini adalah beberapa ideas untuk membantu Anda menghasilkan ASI yang berkualitas bagi si kecil. Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1000 mg vitamin C per hari agar asupan vitamin C bayi dapat terpenuhi melalui ASI. Vitamin C banyak terdapat buah dan sayuran, seperti jeruk, lemon, jambu, mangga, cabe, tomat, bayam, dan brokoli. ASI merupakan makanan utama buah hati Anda di beberapa tahun awal kehidupannya.

Itulah mengapa mereka sangat memerlukan kalsium untuk menunjang pertumbuhan sel-sel tubuhnya. “Yang terpenting, asupan yang mereka konsumsi harus lengkap dan bergizi,” kata dia. Para peneliti pernah melakukan eksperimen jika ibu menyusui menelan pil bawang putih. Melalui tes analisis laboratorium, ternyata bawang putih mempengaruhi kualitas rasa ASI setelah 1,5-3 jam setelah konsumsi. Kondisi ini membuat bayi tidak bisa menyusu dengan baik dan membuat jumlah ASI yang keluar jadi lebih sedikit. Perlu Moms ketahui, keluarnya ASI adalah cara terbaik menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak ASI.

Jadi solusi untuk bayi yang tidak mudah kenyang adalah pahami dulu sebabnya dan kalaupun ternyata bayi dalam tahap Growth spurt maka ASI Mama akan selalu cukup selama Manajemen Laktasinya baik. Berdasarkan hasil kongres gizi internasional yang diselenggarakan di Roma tahun 1992, semua negara peserta dianjurkan membuat pedoman umum gizi seimbang. Oleh karena itu pemerintah melalui Direktorat Gizi – Departemen Kesehatan memasyarakatkan Pedoman Umum Gizi Seimbang pada tahun 1995.

Pemberian MP-ASI yang cukup dalam hal kualitas dan kuantitas penting untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan anak yang bertambah pesat pada periode ini. Bertambah umur bayi bertambah pula kebutuhan gizinya, maka takaran susunya pun harus ditambah, agar bayi mendapat energi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. ASI hanya memenuhi kebutuhan gizi bayi sebanyak 60% pada bayi usia 6-12 bulan. Sisanya harus dipebuhi dengan makanan lain yang cukup jumlahnya dan baik gizinya. Oleh sebab itu pada usia 6 bulan keatas bayi membutuhkan tambahan gizi lain yang berasal dari MP-ASI, namun MP-ASI yang diberikan juga harus berkualitas. Selain mengandung banyak protein, vitamin B dan D, susu menjadi sumber kalsium terbaik.

Bila kurang suka dengan kurma, kamu bisa mengonsumsi sari kurma yang sudah dikemas. Perlu diingat bahwa Moms jangan membandingkan kelancaran ASI dengan Moms yang lainnya, karena tubuh setiap wanita pasti berbeda-beda. Jadi, jangan menyerah dalam memberikan ASI eksklusif, karena seberapa pun jumlah ASI yang diberikan, ASI tersebut akan memberi banyak manfaat untuk si Kecil. Moms, apakah sudah tahu bagaimana bentuk dari ASI yang berkualitas dan bagus untuk si kecil? Kali ini, Moms akan mengetahui banyak hal mengenai ASI berkualitas di Mamabear. Ambil contohnya di bulan ke-1, frekuensi menyusu bayi terhitung sekitar 8-12 kali sehari dengan rentang waktu 2-3 jam sekali.

Comments are closed.