Benarkah Asi Yang Berkualitas Harus Kental?

Written by Lina on December 13, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Selang dua hingga 3 hari selanjutnya, ASI yang diproduksi lebih banyak dan berwarna lebih putih. Untuk itu, ia memberikan ideas yang bisa membuat ASI kembali produksi setelah berhenti sementara waktu, agar kesehatan bayi tetap terjaga dan nutrisinya terpenuhi. Agar lebih mudah dan lancar, ibu sebaiknya mengatur waktu pemberian ASI eksklusif dan lanjutan setiap hari. Bila bekerja, ibu mungkin dapat memberikan ASI pada pagi sebelum berangkat dan sore atau malam setelah pulang.

Setelah menyusui dilap lagi dengan kapas basah hangat, dikeringkan, kemudian dioles salep khusus untuk payudara. Jadi, mulailah memperbaiki asupan gizi lengkap sejak dini untuk mempersiapkan produksi ASI di masa mendatang. Agar posisi menyusui sempurna, kamu bisa meminta bantuan bidan atau dokter konsultan laktasi.

Mengonsumsi suplemen laktasi dapat berjalan selama beberapa bulan. Pilihlah suplemen yang mudah untuk dikonsumsi sehingga tidak merepotkan Anda. Jika Anda memiliki kesulitan dalam menelan obat, pilihlah suplemen dengan ukuran pill yang kecil. Anda juga dapat memilih suplemen dalam bentuk serbuk yang dapat larut dalam minuman, teh, sampai susu. Jika Anda memiliki permasalahan dalam produksi ASI, Anda dapat mengonsumsi suplemen tersebut. Tentunya Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ASI.

Memberikan ASI dengan kuantitas dan kualitas yang baik adalah cara untuk menyatakan kasih sayang ibu kepada sang buah hati. Atas dasar itu, Anda dianjurkan untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Dengan begini, setiap tetes ASI yang diberikan pada bayi benar-benar mampu menunjang tumbuh kembangnya hingga nanti. Pada umur 0-6 bulan pertama dilahirkan, ASI merupakan makanan yang terbaik bagi bayi, namun setelah usia tersebut bayi mulai membutuhkan makanan tambahan selain ASI yang disebut makanan pendamping ASI. Tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik jika dalam pemberian MP-ASI sesuai pertambahan umur, kualitas dan kuantitas makanan baik serta jenis makanan yang beraneka ragam].

Karena ASI itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ASI awal dan ASI akhir . Secara umum, ASI di hari-hari pertama atau disebut kolostrum akan tampak bening dan encer. Sementara ASI di hari keempat dan seterusnya akan cenderung berwarna putih kekuningan dan tampak kental. Membangunkan anak sahur di bulan puasa memang jadi tantangan tersendiri. Tenang, simak berbagai ideas membangunkan anak sahur berikut ini. Jika setelah melakukan beberapa cara di atas Busui masih merasa ASI tidak kunjung lancar, konsultasikanlah dengan dokter ahli laktasi untuk mendapatkan saran lebih lanjut dan penanganan yang tepat.

Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas

Selain bermanfaat sebagai booster ASI, buah berwarna oranye yang mudah sekali dijumpai ini kaya akan vitamin A sehingga dapat meningkatkan kualitas ASI. Wortel bisa disajikan dengan cara direbus dan dibuat dalam bentuk jus dengan campuran susu ataupun jus wortel murni. Konsumsi satu kali setiap hari agar produksi ASI-mu makin lancar. Asifit adalah produk asal Indonesia yang mengandung ekstrak daun katuk serta vitamin B kompleks. Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya membantu menjaga stamina Anda para ibu sekaligus wanita karir. Harga suplemen ini juga tergolong ekonomis di kantong Anda sehingga tidak membebani pengeluaran bulanan.

Selain beberapa ciri kualitas ASI yang baik di atas, ASI yang berkualitas juga ditandai dengan rasa ASI yang masih gurih dan tidak pahit. Biasanya jika ASI memiliki rasa pahit dan asam, bayi akan memuntahkannya. Jika seperti ini, coba ingat-ingat kembali apakah Moms sudah mengonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Comments are closed.