Bagaimana Sih Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Anak Yang Tepat?

Written by Lina on December 27, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Ubi jalar juga mengandung serat sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi lonjakan gula darah, serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sumber protein hewani yang harganya sangat terjangkau ini juga penting untuk ibu hamil dan menyusui. Telur adalah sumber protein, lemak, mineral, dan asam lemak omega three.

Lemak sehat akan membantu menjaga kesehatan kulit, otak, dan jaringan janin, sementara asam folat juga dapat membantu mencegah cacat saraf. Kalium juga berfungsi meringankan kram pada kaki dan efek samping kehamilan yang dialami. Berbagai jenis berries atau buah beri mengandung vitamin C, karbohidrat sehat, air, serat, dan antioksidan.

Dalam kondisi kehamilan, kebutuhan nutrisi di masa tertentu, terutama trimester pertama, sangat penting demi menguatkan kandungan. Sementara untuk ibu menyusui, asupan vitamin wajib dilengkapi demi menghasilkan produksi ASI yang berkualitas. Buatlah jadwal makan sehari 5 kali untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kalori bagi tubuh ibu dan janin. 3 kali makan dengan porsi biasa serta 2 kali makan selingan, usahakan setiap kali makan memenuhi kriteria makanan ibu hamil muda yang sehat di atas.

Saat kehamilan, Mum perlu mengonsumsi protein tambahan dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. Susu dan produk susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi, yaitu kasein dan whey. Sama seperti protein, vitamin B6 dapat meredakan gejala mual dan muntah selama kehamilan. Selain itu, susu pun memiliki kandungan fosfor, vitamin B kompleks lainnya, dan magnesium yang tinggi. Karbohidrat dapat ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan padi.

Makanan sehat bagi ibu hamil

Kalsium yang terkandung dalam yogurt lebih tinggi dibandingkan dengan produk susu lainnya. Dalam perkembangan sel dan jaringan bayi, vitamin A memiliki peran penting. Dilansir dari jurnal Nutrition and Food Security, ibu hamil sangat disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebanyak persen.

Moms dapat mencapai ini dengan mengonsumsi makanan seperti minyak ikan, ikan berlemak seperti tuna, kacang kenari, dan biji rami. Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah bayam dan sayuran hijau. Tidak hanya itu, produk susu tersebut juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang calon buah hati. Kandungan lemak sehat ini dapat membantu perkembangan kulit, otak, dan jaringan janin. Senyawa ini sangat penting bagi perkembangan otak dan kesehatan janin. Mendapatkan nutrisi yang baik menjadi hal yang sangat penting bagi ibu hamil, terutama untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Jumlah sel darah putih dan merah dari tubuh janin dan bayi juga bisa seimbang dengan asupan asam folat. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Memiliki cukup omega-3 dalam food regimen sangat penting bagi wanita yang sedang hamil karena membantu dalam perkembangan otak dan mata janin. Untuk menunjang kebutuhan tumbuh kembang janin, ibu hamil muda sebaiknya konsumsi dus porsi protein per hari. Pastikan telur dalam kondisi masih segar dan dimasak matang sempurna guna mencegah kontaminasi bakteri.

Makanan serta camilan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah makanan atau minuman yang terbuat dari susu. Kalsium yang terkandung dalam asparagus membantu perkembangan gigi dan tulang bayi yang sedang tumbuh. Satu cangkir biji-bijian seperti buncis atau kacang hitam dapat menyediakan 65-90% dari AKG. Dilansir dari Healthline, buah alpukat termasuk makanan rendah gula yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi selama hamil. Buah beri memiliki nilai indeks glikemik yang relatif rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan besar dalam gula darah dan aman dikonsumsi ibu hamil.

Comments are closed.