6 Fakta Menyusui Di Masa Kehamilan Yang Perlu Diketahui Ibu

Written by Lina on December 24, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan setiap hari, tapi kebutuhannya akan meningkat selama kehamilan dan masa menyusui. Ibu hamil membutuhkan asam folat untuk perkembangan janin dan untuk mempersiapkan produksi ASI. Para ibu sebaiknya mengstimulasi payudara mereka sesering mungkin setelah melahirkan entah dengan sering-sering menyusui atau menggunakan pompa payudara. Pompa ASI manualatau pompa listrik inimempunyai bantalan pijat yang merangsang ASI keluar sehingga menghemat waktu dengan rasa nyaman. Memang keluarnya ASI itu perlu adaptasi, terutama pada ibu-ibu baru.

Supaya air ASI keluar walau usia kandungan masih 8 bulan bunda bisa rutin memijat payudara dengan lembut menggunakan child oil. Hal ini terbukti ampuh untuk mengeluarkan ASI walau bunda belum menjalani persalinan sekalipun. Tubuh kita mulai mempersiapkan produksi ASI sejak hamil, hal ini agar ibu langsung bisa menyusui bayinya sesegera mungkin setelah melahirkan. Untuk membantu tubuh menghasilkan ASI secara maksimal, berikut cara meningkatkan produksi ASI saat hamil. Hormon oksitosin berperan merangsang payudara sehingga berkontraksi.

Ciri lainnya dari terjadinya kehamilan selama masa menyusui adalah kondisi payudara yang melunak dan terasa tidak nyaman. Pijat payudara untuk persiapan menyusui bisa dilakukan setelah usia kehamilan lima bulan atau setidaknya pada enam minggu terakhir kehamilan. Anda bisa mulai memijat payudara untuk membersihkan saluran susu dan membuat ASI mengalir lebih bebas. Hal ini akan membantu mengosongkan payudara dan memicu produksi ASI lebih banyak. Namun momen alami Bunda menyusui anak dan memberikan Air Susu Ibu -nya kepada sang buah hati tetap perlu diupayakan semaksimal mungkin.

Cara untuk ibu hamil banyak asi

Anda bisa bertanya pada konsultan ASI atau dokter anak untuk memastikan langkah yang ingin dilakukan tergolong aman atau tidak. Susu ibu menyusui atau pelancar ASI merupakan salah satu dari cara untuk meningkatkan produksi. Bahan alami ini meliputi kencur, kunyit, lempuyang, daun katuk, temu giring, hingga temulawak.

Konsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari dan tidur yang cukup. Kunci keberhasilan memberikan ASI eksklusif juga dipengaruhi oleh daya tahan tubuh Mama, lho. Untuk itu, Mama wajib menjaga asupan cairan dalam tubuh agar selalu tercukupi. Namun untuk ibu hamil sebaiknya hanya makan daun kemangi yang sudah dimasak agar tidak terkena kontaminasi bakteri atau racun. Daun kemangi adalah jenis daun yang kaya dengan sumber antioksidan. Kemudian daun kemangi sangat aman dimakan saat hamil asalkan sudah dimasak.

Oleh karena itu, perlengkapan ibu hamil sangat dibutuhkan oleh Moms yang saat ini sedang mengandung buah hati. Moms jangan khawatir, kini Moms bisa belanja on-line setiap perlengkapan kehamilan, perlengkapan menyusui hingga perlengkapan untuk child nanti nya hanya di toko online MOOIMOM. Waktu kehamilan dan menyusui merupakan dua fase terpenting bagi seorang ibu untuk mendapatkan nutrisi untuk tubuh. Tak hanya untuk kebutuhan tubuh ibu hamil dan menyusui, nutrisi tersebut juga baik untuk perkembangan janin dan bayi. Kekurangan nutrisi dari makanan tersebut bisa berdampak pada perkembangan janin, pertumbuhan si kecil, dan kesehatan sang ibu. Bukan hanya mengonsumsi vitamin, selama masa kehamilan bunda harus menjaga asupan makanan.

Walaupun umumnya keadaan gizi ibu hanya mempengaruhi kuantitas dan bukan kualitas ASI, konsumsi makanan sebaiknya tidak dibatasi. Penurunan berat badan sesudah melahirkan jangan lebih dari 0,5 kg setiap pekan. Selama menyusui, ibu harus memperhatikan asupan nutrisi pada makanan yang dikonsumsinya. Yaitu mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dalam menu sehari-hari bisa ditambah makanan yang merangsang produksi ASI seperti daun katuk dan daun pepaya.

Comments are closed.