15 Cara Memperbanyak Asi Yang Ampuh Dan Alami

Written by Lina on December 15, 2020 in Tips agar ASI melimpah with no comments.

Padahal, tubuh perempuan secara alami dapat memproduksi ASI untuk mencukupi kebutuhan bayinya. Siapa sih yang tidak tahu kalau almond memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Pasalnya, nutrisi ASI ibu menyusui ini kaya akan Omega-3 dan vitamin E. Namun, bagi ibu hamil dan menyusui, serta wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan laut lebih dari 12 ons atau setara dengan 2 porsi per minggu. Hal ini untuk membatasi paparan merkuri yang terdapat pada makanan laut.

Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas

Semua Konten bersifat informasi tidak untuk mengantikan pendapat dokter dan ahli. Hamil.co.id tidak memberikan saran medis, diagnosa, dan pengobatan. Untuk poin ini sebenarnyamaih diperdebatkan karena pada dasarnya ASI merupakan cairan yang bisa diserapsempurna di dalam tubuh, khususnya pada bagian usus.

Pengenalan dan pemberian MP-ASI harus dilakukan secara bertahap baik bentuk maupun jumlahnya, sesuai dengan kemampuan bayi. Sanitasi dan hygienitas MP-ASI yang rendah memungkinkan terjadinya kontaminasi mikroba yang dapat meningkatkan risiko atau infeksi lain pada bayi. Selama kurun waktu 4-6 bulan pertama ASI masih mampu memberikan kebutuhan gizi bayi, setelah 6 bulan produksi ASI menurun sehingga kebutuhan gizi tidak lagi dipenuhi dari ASI saja. Peranan makanan tambahan menjadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi tersebut.

Setelah melewati proses kehamilan selama 9 bulan lamanya dan melahirkan dengan selamat, Moms harus memperhatikan asupan agar bayi cepat gemuk dan bisa tumbuh dengan sehat dan cerdas. Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) adalah makanan atau minuman yang mengandung zat gizi yang diberikan pada bayi atau anak usia 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain ASI. MP-ASI merupakan makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga.

Kalau di pikir2 ternyata hamil dan punya anak membuat pola hidup dan makan jadi lebih sehat. Semakin sering menyusui, juga akan membuat ASI menjadi lebih kental karena ASi hindmilk akan dapat mengalir pada awal sesi menyusui. Hal ini dikarenakan ASI hindmilk berada di depan saluran ASI setelah seringnya sesi menyusui. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia , frekuensi menyusui yang baik adalah minimal 8-12 kali sehari untuk bayi yang masih mengonsumsi ASI ekslusif.

Dalam ASI terdapat lebih dari 200 gula kompleks yang disebut sebagai oligosakarida. Ini bertindak sebagai prebiotik yang memberi makan ‘bakteri baik’ di usus bayi. Ini juga berguna untuk mencegah bayi mengalami infeksi dengan memasuki aliran darah dan menurunkan risiko radang otak.

Jika ASI masih belum lancar juga, segera berkonsultasi dengan konsultan laktasi, untuk membantu Anda meningkatkan produksi ASI. Hindari menggunakan dot dan botol susu, pada beberapa minggu pertama. Karena, jika bayi menyusu pada payudara ibu dan botol susu bergantian, akan membuat bayi bingun dan sulit untuk beradaptasi.

Jangan lupa untuk menyusui menggunakan kedua payudara secara bergantian. Cara memperbanyak produksi ASI selanjutnya adalah dengan memompa payudara. Hal ini berguna agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI. Nah, berikut ini adalah beberapa merek susu untuk ibu menyusui yang M&B rekomendasikan untuk Anda, Moms. Berdasarkan penelitian, melakukan aktivitas fisik saatmenyusui tidak apa-apa, Bunda. Cobalah untuk melakukan aktivitas dengan intensitas sedang tiga atau empat kali dalam seminggu untuk membantu mengurangi stres, meningkatkan energi, dan membangun kekuatan tulang.

Terutama bagi vegetarian, kacang-kacangan menjadi sumber protein non-hewani berkualitas tinggi yang murah di kantong. Selama ini ikan salmon dikenal sebagai sumber protein yang dapat mencerdaskan otak. Ternyata di sisi lain, jenis ikan laut ini bisa membuat ASI yang kamu hasilkan jadi lebih berkualitas karena asam lemak essensial dan omega 3 yang terkandung di dalamnya lho. Kabar baiknya, ikan salmon termasuk ikan laut yang mengandung kadar merkuri rendah sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Sehingga, kurangnya produksi ASI, banyak membuat ibu merasa khawatir akan ketidakcukupan asupan ASI untuk sang buah hati.

ASI tidak hanya memberikan manfaat sehat, tapi juga membantuperkembangan otak anaksehingga dapat tumbuh dengan optimum. Melihat pentingnya peranan ASI, Mam harus lebih memperhatikan kualitas produksi ASI. Pastinya Mums sudah sangat mengenal daun katuk karena biasa digunakan untuk memperbanyak produksi ASI oleh masyarakat Indonesia.

Comments are closed.